Senin, 19 Maret 2018

MACINTOSH OPERATING SYSTEM



MACINTOSH OPERATING SYSTEM

Sistem Operasi – 12 . 4A. 02
  1. Alfiah nur Hudayani    (12162594)
  2. Amelia Futikha           (12162541)
  3. Fachri Abdillah S        (12162346)
  4. Novi Purwaningtia      (12162046)
  5. Perwito Fadhli Dwi N  (12162589)
  6. Ramadhanty Utami A (12162222)
 
Program Studi Manajemen Informatika
AMIK BSI Jakarta
Jakarta
 2018






BAB I
PENDAHULUAN 


 Latar Belakang


            Sistem operasi merupakan bagian dari kegiatan komputer sehingga tidak mudah untuk merumuskan dari sistem operasi komputer. Tetapi, sistem operasi harus dirancang, didesain, dan dibuat terus sehingga dapat mengikuti perkembangan bidang teknologi,terutama komputerisasi. Jika tidak, maka dianggap hanya sebagai pengguna saja. Mengingat semua produk sistem operasi yang dijual tidak selalu dapat memenuhi seluruh keinginan pemakai atau dengan kata lain tidak ada produk sistem operasi yang sempurna dan dapat memproses serta menyelesaikan semua keperluan, maka tetap penting mempelajari sisitem operasi dari sudut perancangannya.
            Sistem operasi macintosh dirilis oleh perusahaan apple corporation. Sistem operasi Macintosh berbeda sekali dengan sistem operasi yang lain karena Macintosh Operating System merupakan sistem operai pertama yang menggunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Sistem GUI memudahkan pengendalian komputer dan saat ini paling banyak digunakan dalam penerbitan dekstop. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar-gambar yang ada , dengan cepat macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk. Tetapi untuk mendapat Macintosh para pemakai komputer harus mengeluarkan investasi yang tidak sedikit, dikarenakan harga macintosh yang cukup mahal. Disamping itu, sistem operasi Macintosh tidak bisa dijalankan pada komputer IBM dan kompatibel-nya, pemakai harus mengganti komputer yang dimilikinya dengan Apple-Macintosh.
 


BAB II
LANDASAN TEORI 

Pengertian Sistem Operasi 

          Sistem operasi adalah bagian yang utama untuk semua sistem komputer. Biasanya sistem operasi yang telah menyentuh ke semua bagian dalam sistem apabila akan dirumuskan berarti kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana kerja suatu sistem. Secara umum sistem operasi di definisikan sebagai kumpulan program yang bertindak sebagai penjalin anatara pemakai komputer dengan perangkat keras komputer sehingga sistem komputer mudah dipakai, perangkat lunak komputer dapat digunakan secara efisien untuk melengkapi lingkungan yang memungkinkan pemakai dapat mengeksekusi program. (S.P. Hariningsih, 2003)


            Secara umum sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna mesin dan perangkat keras yang dimliki mesin tersebut. Sebelum ada sistem operasi orang hanya memakai sinyal analaog ataupun  sinyal digital. Tetapi semakin berkembangnya ilmu teknologi dan pengetahuan maka terdapat sistem operasi dengan keunggulan masing-masing untuk mengetahui konsep mengenai sistem operasi. (Ariyus, 2005)

           
Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi dasar sistem, yang termasuk menjalankan proses software aplikasi. (Siyamta, 2013). Sistem operasi akan melakukan pelayanan seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar muka user GUI/CLI. Bagian yang akan melakukan tugas ini dinamakan “Kernel” pada suatu sistem operasi. 



Ragam Sistem Operasi

UNIX
Unix dipakai komputer dalam bentuk jaringan khusus yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Berikut ini sistem operasi dari Unix antara lain :

  1. GNU : suatu sistem komputer yang terdiri dari perangkat lunak.
  2. Corel Linux : salah satu sistem linux yang dibuat distribusi linux, pada corel linux semua serba grafis. 
  3. SCO Unix : sistem operasi yang digunakan baku pada berbagai jenis komputer.  
  4. AIX : sebuah versi sistem operasi untuk platform serves yang dikembangkan oleh IBM.


 Mac OS
Macinthos Operating System adalah operasi komputer yang dibuat oleh perusahaan Apple yang merupakan pengguna sistem GUI pertama kali. Berikut ini sistem operasi dari Macinthos antara lain : 


  1. Mac Os X - Cheetah : Mac Os X Cheetah dirilis pada tahun 2001. Cheeta merupakan Os yang mempunyai kode program dan gaya desktop yang baru pada saat itu 
  2. Mac Os X - Jaguar : Mac Os X Jaguar dirilis pada tahun 2001. Jaguar memiliki perbedaan dari Mac Os X sebelumnya, dengan adanya fitur tambahan seperti peningkatan stabilitas, kompatibilitas dan kecepatan. 
  3. Mac OS X - Leopard : Mac OS X Leopard dirilis pada tahun 2007. Leopard  melakukan banyak perubahan pada tampilan menu bar, desktop, dock dan juga finder. Leopard juga menambah fitur tambahan seperti backup utility machine dan meningkatkan keamanan dari Mac Os. 
  4. Mac OS X – Lion : Mac OS X Lion dirilis pada tahun 2011 . Dengan adanya fitur andalan seperti airdrop untuk membagi file antar mac, auto save untuk setiap aplikasi, menggunakan address book.

Microsoft Windows 

Sistem operasi windows dibuat oleh Bill Gates. Berikut ini sistem operasi windows antara lain : 

  1. Windows 95 windows yang dirilis pada tahun 1995 tepatnya tanggal 24 Agustus 1995. Windows ini juga memiliki 5 versi yang berbeda antara lain : windows 95, windows 95 A, windows 95 B, windows 95 B USB, windows 95C  
  2. Windows 98 Windows yang dirilis pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 25 Juni 1998.
  3. Windows 2000 windows yang dirilis pada tahun 2000 tepatnya pada tanggal 17 Februari 2000. Windows ini juga memiliki 6 versi yang berbeda antara lain : windows 2000 professional, windows 2000 server, windows 2000 advenced server, windows 2000 advenced server limited edition, windows 2000 datacenter server, windows 2000 datacenter server limited edition.
  4. Windows Server 2003 Windows yang dirilis pada tahun 2003 tepatnya tanggal 24 April 2003. Windows ini juga memiliki 5 versi yang berbeda antara lain : windows server 2003 web edition, windows server 2003 enterprise edition, windows server 2003 standard edition, windows server 2003 small business server, windows server 2003 datacenter edition.
  5. Windows 7 Windows yang dirilis pada tahun 2009 tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2009. Sekaligus, windows ini salah satu versi windows yang sering digunakan dalam perusahaan/instansi dan sekolah-sekolah serta universitas. Terdiri dari 6 edisi antara lain : windows 7 professional, windows 7 ultimate, windows 7 enterprise., windows 7 starter, windows 7 home basic, windows 7 home premium.
  6. Windows 8 Windows yang dirilis pada tahun 2011 tepatnya pada tanggal 13 September 2011, Terdiri dari 4 edisi antara lain: windows 8, windows 8 pro, windows 8 enterprise, windows 8 RT.
  7. Windows 10 Windows yang dirilis pada tahun 2015 tepatnya pada tanggal 29 Juli 2015

Android

Berikut ini sistem operasi android antara lain : 
 
  1.  Android Cupcake : Android versi cupcake dirilis pada April 2009. Terdapat beberapa penambahan fitur didalam seluler pada versi ini yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, terhubung secara otomatis ke headset bluethooth, animasi layar dan keyboard yang dapat disesuaikan dengan sistem.
  2. Android Donat : Android versi donat dirilis pada 15 September 2009. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu penggunaan baterai indikator, kamera camcorder, teknologi text to change speech.
  3. Android Eclair : Android versi eclair dirilis pada 9 Desember 2009. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu peningkatan google maps, perubahan UI dengan browser baru, dukungan flash pada kamera.
  4. Android Frozen Yogurt : Android versi frozen yogurt dirilis pada 20 Mei 2010. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu adanya aplikasi friendly user, adanya aplikasi android market untuk auto update, pemasangan aplikasi dalam SD Card.
  5. Android Gingerbread : Android versi gingerbread dirilis pada 6 Desember 2010. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu adanya aplikasi permainan, layar antarmuka didesain ulang, adanya dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
  6. Android Ice Cream Sandwich : Android versi ice cream sandwich dirilis pada 19 Oktober 2011. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu membuka kunci dengan pengenalan wajah, terdapat kontak jaringan sosial.
  7. Android Jelly Bean : Android versi jelly bean dirilis pada 9 Juli 2012. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu meningkatkan input keyboard, pencarian menggunakan voice search agar lebih cepat, dapat mengetahui informasi lalu lintas, olahraga, politik dan cuaca.
  8. Android Kit Kat : Android versi kit kat dirilis pada 31 Oktober 2013. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu lebih hemat baterai, dapat optimasi kinerja untuk smartphone yang mempunyai spesifikasi rendah.
  9. Android Lollipop Android versi lollipop dirilis pada 25 Juli 2014 : Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu pengguna akan diminta password ketika akan di reset untuk melindungi factory reset.
  10. Android Marshmallow : Android versi marshmallow dirilis pada17 Agustus 2018. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu adanya dukungan untuk pengenalan sidik jari, adanya aplikasi doze yang berfungsi untuk mengurangi aktivitas daya pada aplikasi saat sedang tidak aktif.
  11. Android Nougat : Android versi nougat dirilis pada 23 Agustus 2016. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu adanya fitur clear all tab di multitasking, adanya penyerapan daya untuk smartphone yang sering digunakan dengan jam aktifitas oleh pengguna.
  12. Android Oreo : Android versi oreo dirilis pada 7 November 2017. Terdapat beberapa fitur didalam seluler pada versi ini yaitu background limit untuk meminimalkan aktivitas aplikasi agar baterai smartphone lebih hemat, notification dots untuk mempermudah mengakses hal di dalam smartphone dalam waktu yang bersamaan.


Pengembangan Sistem Operasi 


1.    Generasi Pertama (1945-1955)

Merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah melakukan kecerobohan, kekeliruan maupun kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer ini akan diberi intruksi yang harus dierjakan sceara langsung.


2.        Generasi Kedua (1955-1965)

Pada generasi ini, diperkenalkan Batch Processing System yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Sistem komputer ini belum belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortan Monitoring System) dan IBYS. Pada generasi merupakan generasi pertama dari sistem operasi.

3.        Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai saling berkomunikasi melaui terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user dan multi-programming.

4.        Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Pada masa ini para pengguna telah dinyamakan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman,dan dalam masa ini komputerisasi telah tersebar yaitu tidak berpusat pada satu titik tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

5.      Generasi Selanjutnya
Pada generasi selanjutnya telah diperkenalkan dengan sistem operasi yang berada di dalam sebuah sistem operasi, ccontohnya sebuah sistem operasi yang berbasiskan website yang bekerja di dalam sistem operasi. Di generasi selanjutnya telah diperkenalkan oleh sistem operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Kemudian, diperkenalkan juga dengan sistem operasi yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah sistem operasi pada perangkat yang bertugas menjadi server. Selain itu, diperkenalkan Cross Platform Operating System yang arinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berebeda seperti : Linux dan Microsoft.

Tugas Sistem Operasi

  1. Menjadi penghubung antar pengguna dan sistem komputer. 
  2. Memberikan informasi yang berhubungan dengan hardware, software dan perangkat I/O.
  3. Melakukakan pengelohan data seperti multitaskng, multiprocessing, timesharing, multireading, scability dan network 
Macintosh
   Sejarah Macintosh


             Macintosh atau lebih dikenal dengan sebutan Mac OS, adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Corp. Macintosh dirilis pada bulan Januari 1984 melalui iklan penawaran Super Bowl yang terkenal. Macintosh adalah seperangkat komputer pertama yang merilis sistem antarmuka grafis (GUI). Dapat dikatakan langkah yang diambil oleh pihak Apple sangat menginspirasi dan sebagai revolusioner dalam sistem operasi.

           Setelah dirilisnya Macintosh pada 1984, pihak pengembang Apple pun mengembangkan sistem operasi Macintosh (Macintosh Operating System) dan telah menerapkan standar dan kemudahan dalam menggunakan sistem operasi dan sebagai revolusioner pertama sistem operasi berbasis GUI.

Versi Macintosh
 
Macintosh terdiri dari beberapa versi yaitu :

No.
Nama Sistem Operasi Macintosh
Kode Macintosh
Tahun Rilis
1.
Mac OS X Server 1.0
Rhapsody
Maret 1999
2.
Mac OS X Public Beta
Kodiak
September 2000
3.
Mac OS X 10.0
Cheetah
Maret 2001
4.
Mac OS X 10.1
Puma
Oktober 2001
5.
Mac OS X Server 10.1
Puma
November 2001
6.
Mac OS X 10.2
Jaguar
Agustus 2002
7.
Mac OS X Server 10.2
Jaguar
Agustus 2002
8.
Mac OS X 10.3
Panther
Oktober 2003
9.
Mac OS X Server 10.3
Panther
Oktober 2003
10.
Mac OS X 10.4
Tiger
April 2005
11.
Mac OS X Server 10.4
Tiger
April 2005
12.
Mac OS X 10.5
Leopard
Oktober 2007
13.
Mac OS X 10.6
Snow Leopard
Juni 2009
14.
Mac OS X 10.7
Lion
Juli 2011
15.
Mac OS X 10.8
Mountain Lion
Juli 2012
16.
Mac OS X 10.9
Mavericks
Oktober 2013
17.
Mac OS X 10.10
Yosemite
Oktober 2014
18.
Mac OS X 10.11
El Capitan
September 2015
19.
Mac OS X 10.12
Sierra
September 2016
20.
Mac OS X 10.13
High Sierra
September 2017


Sistem Mac OS


1.      Mac Operating System Classic
     
      Adalah sistem operasi pertama yang dirilis oleh Mac OS pada tahun 1984. Sistem ini merupakan sistem yag tidak mempunyai command line (baris perintah). Ssistem operasi adalah sistem operasi yang menggunakan User Interface (UI).

2.      Mac OS X
     
      Adalah sistem operasi dari Mac OS. Penggunaan huruf X dari Mac OS dari Mac OS X diperoleh dari bahasa romawi. Mac OS X menggabungkan BSD UIX, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X mempunyai kapasitas memori ala-Unix dan pre-emptive yaitu dapat multitasking kepada Mac dan Managemen memori yang lebih efisien.

      Perbedaan dari Mac OS X ini yaitu User Interface. Pihak Apple menambahkan Aqua GUI yang bertujuan memperindah tampilan dan dapat dinikmati oleh pengguna dengan baik. Dan kelebihan dari Mac OS X ini adalah adanya teknologi ColorSync yaitu teknologi yang berfungsi memberikan kelayakan warna sehingga cocok untuk pekerjaan di bidang multimedia.
  
Aplikasi Mac OS
            Mac OS memiliki berbagai aplikasi yang canggih dengan mengikuti perkembangan teknologi masa kini. Aplikasi yang terdapat di Mac OS dapat dikatakan spesial, karena aplikasi ini hanya terdapat dan dibuat khusus untuk Mac Operating System. Beberapa jenis aplikasinya yaitu :

  1.  FotoYaitu aplikasi yang diciptakan untuk menggembangkan kreativitas pengguna dengan atur, edit dan bagikan foto dan video.
  2.  iMovieYaitu aplikasi yang dapat mengubah video biasa menjadi sebuah film dengan kecanggihan efek yang terdapat di iMovie.
  3. GarageBandYaitu aplikasi musik yang dapat membuat pengguna menciptakan musik layaknya seorang profesional musik dengan dapat membuat instrumen musik, koleksi suara, amp dan alunan drum serta perkusi virtual yang dapat menyempurnkan musik pilihan pengguna. 
  4. PagesYaitu aplikasi dokumen dengan cepat dan efisien. 
  5. NumbersYaitu aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam membuat grafik atau spreadsheet dengan kecanggihan teknologi masa kini seperti gambar, teks, dan bentuk. 
  6. KeynoteAdalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam membuat presentasi, sehingga presentasi yang dibuat akan terlihat lebih menarik dengan menggunakan grafis canggih dan efek sistematis. 
  7. FaceTime Adalah aplikasi diperuntukan untuk mengirim pesan tanpa batas kesiapapun dan dapat melakukan panggilan video dan audio dengan kualitas tinggi dan canggih.
  8. iTunes Adalah media aplikasi yang berfungsi dapat memutar dan membeli lagu di iTunes Store. Untuk pengguna Mac OS iTunes ini memberikan keuntungan bagi pengguna untuk dapat menikmati lagu versi asli.
  9. iBooksAdalah aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan buku dan bahan bacaan bagi para pengguna Mac Os sehingga dapat mempermudah dalam kegiatan sehari – hari. 
  10.  iCloudAdalah aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan semua media baik berupa foto, video dan dokumen. Sehingga dapat mempermudah pengguna apabila mengingikan dokumen secara otomatis.
Kelebihan dan Kekurangan Mac OS
 Kelebihan Mac Os 
     Mac Os memiliki beberapa kelebihan diantaranya, yaitu ;
  1. menggunakan teknologi canggih masa kini.
  2. simpel namun kuat menggunakan User Interface.
  3. tidak mudah terkena virus dengan keamanan tingkat tinggi.
  4. Multitasking.
  5. tampilan lebih menarik untuk bidang multimedia.
  6. Opensource code Mac Os sangat sulit dibajak.
  7. memiliki kapasitas yang besar dalam penggunaan memori.
  8. Menggunakan Unix. 
  9. Dapat mendeteksi file berformat windows.
  10. Time Machine yang berfungsi untuk memback up system yang berjalan.
Kekurangan Mac Os
  1.   Harga yang sangat mahal sehingga sulit terjangkau untuk pembeli.
  2. Tidak cocok untuk bermain game.
  3. Hanya cocok untuk pekerjaan multimedia seperti editing foto, design, pembuatan video dan pengubahan audio.

 BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Sistem operasi adalah bagian yang terpenting bagi seluruh sistem dan perangkat komputer. Sistem operasi berkerja memberikan pengelolaan data maupun pengeloloaan memori. Sistem operasi juga dapat dikatan sebagai penyedia layanan memprogram sumber daya fisik sistem komputer secara langsung dengan perintah mesin.

Sistem operasi bertujuan untuk mempermudah dalam memprogram sumber daya fisik sistem komputer. Secara umum dengan adanya sistem operasi maka menjadi penghubung antara pengguna dan sistem komputer dalam mengelola data.

Salah satu jenis sistem operasi yaitu, Macintosh. Macintosh memiliki keistimewaan khusus karena hanya digunakan dan dikhususkan untuk pengguna produk Apple. Macintosh ini memiliki beberapa kelebihan seperti keamanan yang terjamin dan juga rawan terkena virus, namun demikian, harga yang dipasarkan masih terlampau tinggi.
Saran
     Saran untuk sistem operasi Mac OS adalah lebih ditingkatkan lagi aplikasi – aplikasi yang tersedia, sehingga pengguna dapat menikmati berbagai layanan tidak hanya untuk pekerjaan multimedia saja, dengan adanya aplikasi terbaru seperti games dan fitur fitur terbaru yang  dapat menarik minat pengguna dalam menggunakan Mac OS. Karena apabila layanan yang memadai, maka pengguna akan jelas memilih menggunakan Mac OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Linux Ubuntu Versi 16.04

SISTEM OPERASI PADA LINUX UBUNTU VERSI 16.04 LAPORAN ILMIAH Diajukan untuk memenuhi mata kuliah Sistem Operasi ALFIAH ...